Persona. desain untuk semua user tanpa kesulitan mendesain untuk semua user

Irfan Maulana Nasution
4 min readJun 7, 2021
Sumber: seopressor.com

Persona adalah sebuah representasi pengguna dalam bentuk individu imajiner yang memuat rangkuman singkat mengenai karakteristik, pengalaman, tujuan, tasks, pain points, dankondisi lingkungan pengguna yang sebenarnya. persona biasanya:

  • Menggambarkan sebuah kelompok pengguna yang spesifik
  • Dibuatberdasarkan analisis dan kategorisasi data penggunasecara teliti (bukan dikira-kira)
  • Setiap persona menggambarkansekelompok orang di dunia nyata
  • Tujuan persona adalah Membuat sebuahpenggambaran yang realistis dan dapat diandalkanmengenai segmen pengguna untuk dijadikan referensi

Untuk apa persona digunakan?

  1. Membangun Empati
  2. Membangun Fokus
  3. Berkomunikasi dan mencapai konsensus
  4. Membuat Keputusan
  5. Mengukur efektivitas

Bagaimana langkah membuat persona?

  1. Melakukan riset pengguna
    Observasi atau wawancara sejumlah orang. untuk dapat memahami pengguna tentunya kita harus langsung bertanya ke yang bersangkutan. karena itulah hal ini diperlukan.
  2. Mengerucutkan riset
    Temukan tema yang spesifik, relevan dan universal terhadap sistem dan penggunan. Dari riset sebelumnya kita akan mendapatkan kelompok penting. atau hal hal penting lainnya. dari sana kita dapat mengkerucutkan riset itu.
  3. Brainstorming
    Kelompokkan elemen ke dalam grup persona yang merepresentasikan kelompok yang spesifik. Pengelompokkan ini sangat penting untuk menggambarkan distribusi pengguna. perlu hati hati dalam melakukan pengelompokkan dari data yang ada. jangan sampai ada kelompok penting yang terlewatkan.
  4. Refine
    Kombinasikan dan tentukan prioritas persona. Pisahkan ke dalam beberapa kategori. Dalam membuat persona kita berusaha tidak membuat tidak terlalu banyak (dan tidak terlalu sedikit). dari pengelompokkan sebelumnya biasanya terdapat beberapa sifat yang berada pada kelompok orang yang sama. Ingat bahwa pada akhirnya persona harus bisa menggambarkan kelompok besar pengguna kita sesungguhnya. Kasus terbaik (yang diharapkan) adalah kapanpun kita mengambil user kita secara random mereka pasti bisa dikelompokkan ke satu persona kita (tidak harus persis tapi mendekati).
  5. Jadikan Persona Realistis
    Dengan menambahkan deskripsi latar belakang, motivasi dan ekspektasi. Kita ingin persona menggambarkan pengguna sesungguhnya. seperti pembuat cerita yang membuat karakter nya. karakter (persona) yang kita buat harus menjiwai subjek yang mereka wakili.
  6. Bagikan persona
    Bagikan dan diskusikan persona dengan tim pengembang. Maksudnya Persona siap digunakan pada titik ini.

Persona ini nantinya akan sangat membantu desainer membuat desain yang sesuai dengan user produk mereka sesungguhnya. contoh dari persona dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.

src : materi sistem interaksi

Persona dari pengalaman penulis

Saya tidak akan mendeklarasikan bahwa diri saya adalah seorang desainer. tapi pada perjalanan karir saya, saya telah membuat beberapa persona. dengan banyak melihat persona kita juga bisa meningkatkan kualitas persona yang kita buat.

src : database pribadi

Ini adalah persona pertama yang saya buat. pada persona ini “jiwa” dari persona yang saya buat masih belum terasa karena backstory nya kurang diperhatikan. dan tidak ada gambar yang membuat pembaca lebih kenal dengan persona yang dimaksud. Persona ini juga masih sulit dibaca karena tampilan yang sangat seadanya.

src : database pribadi

Disini persona lebih mudah dibaca dan dipahami. selain itu pembaca bisa merasa lebih dekat karena adanya gambar dan backstory (bio) yang cukup baik dibandingkan sebelumnya. disini jika kita bayangkan detail bio dan trait lain ada yang tidak sejalan atau jarang kita temui.

src : persona raising star

Nah, contoh terakhir adalah persona yang saya gunakan dalam menjalankan mata kuliah Proyek Perangkat Lunak. produk kami adalah produk aplikasi pengawas perkembangan anak. Seperti dapat dilihat bahwa persona diatas cukup menggambarkan kelompok tertentu pengguna dari aplikasi yang akan dibuat. selain itu, persona ini memiliki karakter yang lebih jelas dengan backstory dan trait trait yang lebih konsisten dan selaras. sehingga ketika desainer mengacu pada pengguna ini, desainer dapat merasakan dan membayangkan usernya lebih jelas.

Rangkuman

Persona adalah sebuah representasi pengguna dalam bentuk individu imajiner yang memuat rangkuman singkat mengenai karakteristik, pengalaman, tujuan, tasks, pain points, dankondisi lingkungan pengguna yang sebenarnya.

Langkah membuat persona
1. Melakukan riset pengguna
2. Mengerucutkan riset
3. Brainstorming
4. Refine
5. Jadikan Persona Realistis
6. Bagikan persona

--

--

Irfan Maulana Nasution

Your everyday software engineer. Ex average student. Always striving to be excelent and what im working on. And this is where I share my thoughts and experience